The longest Total Lunar Eclipse in this Century

Hello rek! Wellcome to Galaxy's unique Phenomenon! blog dimana kamu bisa membaca informasi-informasi unik dan menarik tentang benda-benda langit dan antariksa.

Nah di postingan pertamaku ini, aku bakal ngebahas tentang fenomena langit yang baru aja terjadi nih rek yaitu, Gerhana bulan terlama pada 28 Juli 2018 sekaligus yang terlama di abad ini, yaitu selama 103 menit dan bisa disaksikan dengan jelas dari seluruh wilayah di indonesia, Keren kan?

Source: http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/07/27/gerhana-bulan-total-28-juli-2018-ini-urutan-waktu-mulai-gerhana-puncak-hingga-akhir


Fase pertama dari fenomena ini diawali dengan Gerhana Bulan Penumbra pada pukul 00:14:39 WIB. Yap, this great phenomenon terjadi pada dini hari, tepatnya pada hari Sabtu dini hari.

Source: https://www.cobabaca.net/tekno/3-fakta-menarik-gerhana-bulan-total-31-januari-2018


Dilanjutkan dengan fase Gerhana Bulan Sebagian pada pukul 01:24:27 WIB,
Source: https://www.liputan6.com/news/read/3049082/jangan-lupa-tonton-gerhana-bulan-sebagian-malam-ini











Lalu, dilanjutkan dengan fase Gerhana bulan Total. Nahh, pada fase ini penonton gerhana bulan mulai antusias dan tidak sabar untuk menunggu fase puncaknya. Fase gerhana bulan total ini sendiri terjadi pada pukul 02:30:15 WIB. Pada fase ini, bulan sudah mulai kehilangan cahayanya.

Source: https://news.detik.com/berita/4137223/catat-ini-detik-detik-gerhana-bulan-total-terlama-abad-ini



Dan tibalah fase yang paling ditunggu-tunggu, yaitu Puncak Gerhana bulan total. Di fase ini, bulan benar-benar kehilangan sumber cahayanya karena tertutup oleh bumi dan warna bulan di fase ini benar-benar merah rek! tapi nggak semerah planet mars sih, hehe. Puncak Gerhana Total ini terjadi pada pukul 03:21:43 WIB dan berlangsung selama kurang lebih 1 jam, lama banget kan?
Dan juga, di fase ini planet Mars juga lho! planet ini ada di sebelah kanan dari bulan dan sedikit bercahaya, keren banget kan? 

Source: http://pedomanbengkulu.com/2018/01/catat-waktu-puncak-gerhana-bulan-total-hari-ini/


 Lalu saat Puncak Gerhana Bulan Total ini selesai, kurang lebih pada pukul 04:13:12 WIB terjadi fase gerhana bulan sebagian dan dilanjutkan dengan fase Gerhana Bulan Penumbra pada pukul 05:15:00 WIB.

Itu dia rek, salah satu the galaxy's unique phenomenon yang terjadi di abad ini. Gimana gimana, kalian nonton dari fase yang mana aja nih? dari fase pertama atau hanya saat Puncaknya saja? atau malah ada yang tidur dan nonton nya di dalam mimpi? hehe. Kalau aku sih, Alhamdulillah masih dapat fase Puncaknya sambil ditemani oleh dinginnya udara subuh dan secangkir teh vanilla.

So, Thats all from me. If there any wrong words on my blog, i'd said sorry about that. Thank you for your visit and see you in the next post :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer