Hari Keantariksaan Nasional 2018


Selamat Hari Keantariksaan Rek!  

Source: Twitter (@_langit_malam)

  

Ya, hari ini tanggal 6 Agustus 2018 adalah hari keantariksaan nasional yang telah ditetapkan oleh Lembaga Penerbangan dan Natariksa Nasional (LAPAN). Mengapa tanggal 6 Agustus ditetapkan sebagai hari keantariksaan nasional? karena, pada hari ini 5 tahun lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan Undang-Undang no. 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan. Penetapan dan pengesahan Undang-Undang no. 21 tahun 2013 ini berguna untuk menjamin kegiatan keantariksaan di bawah naungan Negara republik Indonesia.

Kegiatan keantariksaan tersebut termasuk penelitian dan pengembangan sains antariksa, penginderaan jauh, penguasaan teknologi keantariksaan, dan peluncuran wahana antariksa seperti roket dan satelit milik Indonesia.

Nah rek, dalam rangka memperingati hari keantariksaan nasional tahun ini, LAPAN mengampanyekan gerakan "Malam Langit Gelap" dengan mengajak kita untuk melakukan pemadaman lampu serentak pada pukul 20.00 - 21.00 waktu setempat. kampanye ini dilakukan untuk meminimalisir polusi cahaya agar kita dapat menikmati indahnya pemandangan malam hari ini yang dihiasi oleh Galaksi Bimasakti yang membentang dengan Indah dan Gemerlap bintang-bintang nya, empat planet (Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus) yang berjajar dari arah Barat ke arah Timur, beberapa rasi bintang terkenal (Scorpio-Kalajengking, Cygnus-Angsa, dan Crux-Salib Selatan), bintang segitiga musim panas (Vega-Altair-Deneb), dan juga beberapa hujan meteor lho! Keren kan?

Oh iya, bulan Agustus ini juga merupakan bulan yang sangat potensial untuk mengamati langit malam bertabur bintang, sebab pada bulan ini kita telah memasuki musim kemarau. Jadi gimana rek, kalian sudah siap belum untuk melakukan pemadaman lampu selama 1 jam untuk ikut serta merayakan hari keantariksaan nasional ini? Kalau aku sih, udah siap banget, hehe, Apalagi kalau kita ditemani oleh orang-orang tersayang pada saat mengamati langit malam hari ini, Komplit banget deh!

 
So, Thats all from me. If there any wrong words on my blog, i'd said sorry about that. Thank you for your visit and see you in the next post :)



Inspired by: @Lapan_ri and infoastronomy.org
 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan Populer