Astrological Sign

Hello rek! Wellcome to Galaxy's unique Phenomenon! blog dimana kamu bisa membaca informasi-informasi unik dan menarik tentang benda-benda langit dan antariksa.

Nah, di postingan kali ini aku bakal mengulas tentang Astrological Sign atau sering disebut sebagai rasi bintang dan atau konstelasi bintang, rasi bintang ialah sekelompok bintang yang tampak berhubungan membentuk suatu konfigurasi khusus. Pada zaman dahulu, rasi bintang banyak digunakan oleh petani untuk mengetahui kapan waktu yang pas untuk mulai menanam padi dan juga digunakan oleh para pelaut sebagai penunjuk arah seperti kompas.

Source: Tertera.

 Rasi Bintang mempunyai berbagai macam bentuk dan nama yang unik, seperti Orion atau Waluku yang mempunyai ciri khas dengan 3 bintang di tengahnya yang membentuk seperti orang yang sedang memanah, dan atau Rasi Bintang Ursa Mayor yang juga berarti beruang besar.
 Tapi, saat ini aku hanya akan membahas rasi bintang atau konstelasi bintang seperti Orion, Ursa Minor atau Beruang kecil, Crux atau Gubuk penceng, dan Ursa Mayor. Berikut uraiannya;

1. Orion (Penunjuk Arah Barat)

Orion atau Waluku ialah rasi bintang yang disebut-sebut sebagai pemburu, rasi ini mudah dikenali karena mungkin merupakan rasi yang paling besar diantara semuanya. Orang Jawa mengenal bagian deretan tiga bintang sabuk (ζ,ε, dan δ) dan deretan tiga bintang pedang (M43, M42, dan ι) sebagai deretan bintang Belantik atau Beluku. 

Rasi ini bermanfaat bagi petani jaman dulu untuk mengetahui waktu mulai menggarap sawah dan ladangnya.

Source: https://en.wikipedia.org/wiki/Orion_(constellation)


2. Scorpion (Penunjuk arah Tenggara)

Scorpion ialah salah satu rasi bintang Zodiak, rasi ini sult untuk ditemukan karena terdiri dari bitang penyusunnya yang banyak. Ciri khas dari rasi bintang ini ialah bentuknya yang mirip seperti skorpio atau kalajengking.Dalam tradisi Jawa, rasi ini dikenal sebagai Banyakangrem ("angsa mengeram"). 

Sebagai salah satu rasi zodiak, ia dilewati oleh garis imajiner ekliptika, ialah jalur yang dilalui oleh suatu benda dalam mengelilingi suatu titik pusat sistem koordinat tertentu.

Source: http://starlord25.blogspot.com/2016/03/mitologi-rasi-bintang-scorpio.html

 3. Crux (Penunjuk arah Selatan) 

Rasi bintang ini berbentuk seperti ikan pari, layang-layang, atau salib dan bisa kita lihat pada langit malam dengan arah agak ke selatan. Pada rasi bintang ini, ada satu bintang yang paling terang, dan biasanya dalam peta rasi bintang diberi simbol α.

Source: http://renydjawoelsyner.blogspot.com/2011/01/rasi-bintang-pari-crux.html


4. Ursa Mayor (Penunjuk arah Utara)

Ursa mayor atau rasi bintang Great Bear (Beruang Besar) ini berbentuk seperti gayung, dan terdiri dari 7 buah bintang, karena itu juga terkadang rasi bintang ini disebut sebagai konstelasi bintang tujuh. 

Rasi Bintang ini merupakan yang paling kecil dari 88 rasi bintang modern, tetapi juga salah satu yang paling dikenal, Orang Jawa mengenal rasi ini sebagai Gubug pèncèng ("gubuk miring") atau Lumbung.

Source: http://blogmipa-geografi.blogspot.com/2017/12/rasi-bintang.html



Itu dia rek, pembahasan kali ini di Galaxy's Unique Phenomenon tentang Rasi Bintang Penting di dunia yang biasa atau malah sering digunakan di kehidupan sehari-hari. Gimana gimana, kalian sering gak liat atau mencari beberapa rasi bintang diatas pada malam hari? Kalau belum, cobalah sekali-kali meng-observasi langit malam, meskipun cuma sendirian gapapa lah, hehe. Awalnya memang susah mencarinya, tapi lama-lama juga akan terbiasa kok.

i'd like to say sorry to all of you guys, because some photo here isn't HD, hehe.

So, Thats all from me. If there any wrong words on my blog, i'd said sorry about that. Thank you for your visit and see you in the next post :)

Komentar

Postingan Populer